IMPLEMENTASI BERBAGI BEST PRACTICE METODE LITERASI BERBASIS RESITASI DAN STAD

Authors

  • Muzaro’ah Muzaro’ah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/semnaspa.v3i2.190

Keywords:

Best Practice, Literasi, Resitasi, STAD

Abstract

Resitasi adalah metode pembelajaran yang menekankan pada membaca, mengulang, menguji, meringkas, dan memeriksa atas diri sendiri melalui sejumlah tugas yang diberikan oleh guru kepada siswa dalam rentang waktu tertentu dan hasilnya dipertanggungjawabkan kepada guru dengan tujuan untuk merangsang siswa agar lebih aktif belajar baik secara individu maupun kelompok, menggali bakat minat siswa, dan meningkatkan kreativitas siswa. Pengaplikasian tugas berbasis resitasi dan STAD dalam pembiasaan literasi mampu meningkatkan hubungan antara guru dan siswa, mempermudah siswa belajar, meningkatkan keaktifan, kreativitas, dan menggali bakat dan minat. Selain itu pembiasaan literasi berbasis resitasi dan STAD mampu menciptakan suasana belajar yang nyaman karena memberikan kesempatan bagi siswa mengeksplorasi bakat dan minatnya, belajar saling menghargai, memotivasi sesama teman dan cepat bagi siswa untuk memahami materi atau kreativitas yang ditampilkan.

References

H Simatupang, D Purnama , (2019), Pengertian Best Practice, Ciri-ciri, dan Format Laporannya, Handbook Best Practice Strategi Belajar.

https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=35PYDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP2&dq=Pengertian+Best+Practice,+Ciri-ciri,+dan+Format+Laporannya&ots=cdCTPKOLF_&sig=BlJPWnwDq76CqJildRp0iYe3UgQ&redir_esc=y#v=onepage&q=Pengertian%20Best%20Practice%2C%20Ciri-ciri%2C%20dan%20Format%20Laporannya&f=false.

Aviyah Rini Astutik, Dita Melani Putri, dkk (2022), Integration of Islam and Science Through the Recitation Learning Method: A Literature Review. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam.

https://riset-iaid.net/index.php/jppi/article/view/970.

Dra.Hj.Yenni Putri, MM (2022), Penulisan Best Practice, Artikel Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Barat.

https://www.yenniputri.net/berita/detail/penulisan-best-practice.

Muchlisin Riadi. (2020). “Metode Resitasi (Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Langkah-langkah Pembelajaran)”, Artikel metodologi penelitian pada metode pembelajaran.

https://www.kajianpustaka.com/2020/10/metode-resitasi-atau-penugasan.html.

I Made Ngurah Suragangga, (2017), “Mendidik lewat literasi untuk Pendidikan yang berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu.

https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/195/163.

U. Nugroho, Hartono, S.S (2009), “penerapan model kooperatif tipe STAD berorientasi keterampilan proses”, Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

https://www.researchgate.net/publication/307785202_PENERAPAN_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_STAD_BERORIENTASI_KETERAMPILAN_PROSES.

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

Muzaro’ah Muzaro’ah. (2022). IMPLEMENTASI BERBAGI BEST PRACTICE METODE LITERASI BERBASIS RESITASI DAN STAD. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN AGAMA, 3(2), 206–215. https://doi.org/10.55606/semnaspa.v3i2.190