PENERAPAN PEMBIASAAN PROGRAM KERJA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS IV SD 1 BLUNYAHAN SEWON BANTUL

Authors

  • Maria Yustina Titik Marsiswati SD Winongo

DOI:

https://doi.org/10.55606/semnaspa.v1i1.78

Keywords:

pembiasaan , karakter, penelitian.

Abstract

Pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah dewasa ini belum mencerminkan tingkah laku karakter yang diharapkan.  Hal ini nampak dari   pembiasaan  pola tingkah laku siswa kelas IV   SD 1 yang belum mencerminkan   nilai-nilai solidaritas, kedisiplinan, dan kebangsaan. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan  pelaksanaan   pembiasaan   program  kerja  di  sekolah  serta     pengaruhnya terhadap pembentukan  karakter   siswa   kelas   IV.   Responden   penelitian  adalah   26 siswa dan 13 guru. Fokus penelitian  pelaksanaan  pembiasaan  pendidikan  karakter  melalui  program  kerja sekolah dan  tingkat  karakter  anak.  Kegiatan  pembiasaan  yang  dilakukan  menerapkan  budaya  antri,  doa kebersamaan dalam waktu tertentu, tegur sapa dalam setiap perjumpaan, penyelesaian tugas tepat waktu, memanfaatkan  fasilitas sekolah dengan baik. Teknik penelitian  dengan angket dan wawancara. Data diolah dengan analisis deskriptif.

Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa   sarana, prasarana,  media dan ketentuan  peraturan,  proses dan pembiasaan  telah dilaksanakan    guru. Siswa   mengungkapkan  pembiasaan  yang baik telah merubah karakter  para  siswa,  dari  perbuatan  yang  kurang  terpuji  menjadi  pembiasaan  yang  baik,  apabila melakukan hal yang kurang benar segera merubah sikap. Input yang berupa sarana prasarana, alat atau media,  kejelasan  petunjuk  peraturan  pembiasaan  tersedia  sebesar  82,6%.  Dalam  arti  tidak  mutlak tersedia. Proses Pembentukan Karakter mencapai 79.71% artinya proses pembentukan karakter meliputi tindakan mengarah pada karakter, melakukan perintah atau petunjuk, keterlibatan pada tugas yang diberikan guru ataupun Kepala Sekolah tidak sepenuhnya dilaksanakan. Output Pembentukan Karakter 83.08% maksudnya adalah setelah selama 5 bulan masa penelitian ternyata tidak semua anak melakukan pembiasaan   dengan   baik.   Masih   ada   yang   menunggu   perintah,   bukan   atas   kemauan   sendiri melaksanakan.  Sedang yg melaksanakan  atas kesadaran sendiri mencapai 83,08% Hitungan 26 siswa menunjukkan   bahwa   100%   siswa   berpendapat   bahwa   peraturan   itu   perlu   untuk   pembiasaan pengembangan   karakter.   Demikian   juga  dengan   13  guru   sebagai   responden   yang  berpendapat pembiasaan harus selalu ditanamkan untuk pembentukan karakter anak sejak dini.

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Maria Yustina Titik Marsiswati. (2020). PENERAPAN PEMBIASAAN PROGRAM KERJA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS IV SD 1 BLUNYAHAN SEWON BANTUL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN AGAMA, 1(1), 58–77. https://doi.org/10.55606/semnaspa.v1i1.78

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.