PERAN TEMAN SEBAYA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI ERA DIGITALISASI

Authors

  • HABIB MAULANA Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/semnaspa.v3i2.173

Keywords:

Peran Teman Sebaya, Pendidikan karakter, Perkembangan digital.

Abstract

Tujuan dari Artikel ini untuk mengetahui peran teman sebaya memilik peran yang sangat penting terhadap pembentukan karakter peserta didik di era digital. Dengan kemajuan zaman serba menggunakan digital, menjadi salah satu faktor penurunan karakter anak, hal tersebut, sehingga merupakan dampak negatif dari perkembangan zaman digital. Teman sebaya berperan dalam penanaman pendidikan karakter sebagai contoh dalam berperilaku, memberikan dukungan, dan mengajarkan keterampilan sosial yang diperoleh dalam pembelajaran disekolah. Kendala yang dihadapi dalam penanaman pendidikan karakter antara lain yaitu siswa yang bergaul dengan teman yang kurang baik, terdapat anak yang kecanduan media sosial, kurangnya fasilitas yang mendukung dalam penanaman karakter, kurangnya komunikasi antara guru dan orang tua, dan pembelajaran yang kurang mendalam dalam penanaman pendidikan karakter Sedangkan faktor yang mempengaruhi keberhasilannya yaitu faktor lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Upaya untuk mengatasi kendala yang ada yaitu memberikan pendekatan persuasif, memberikan fasilitas yang memadai, meningkatkan kerja sama antara guru dan orang tua, memberikan pengetahuan dan sosialisasi mengenai pendidikan karakter, dan mengarahkan siswa untuk berperilaku baik.

References

Rosleny Marliani. 2016. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Pustaka Setia.

Hartini, Yudi kharisma Sari, Muhamad Fakih. Penerapan Pembelajaran Berbasis Konseling Sebaya Untuk mereduksi Kecanduan Game Online. Jurnal lmiah Pendidikan Madrasah bdtidayiah. 6.1 (2022):603-611.

Pratomo, wachid, Nadziroh, Chairiyah. Peran Teman Sebaya Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Di SDN Andong Boyolali. Jurnal Pendidikan Dasar. 2.2 (2021). 137-144.

Melisa, Rika, Aida Fitri, Mislinawati. Peran Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 8 Subtema 1 Di Kelas V SD Negeri Percontohan Meulaboh. Elementary Education Research. 8.1 (2022). 59-64.

Desmita. 2016. Paikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakaraya. Jurnal Madrasah btidayiah

Astuti, Nurul Dwi. 2015. Pengaruh Profesionalisme Guru (Bersertifikat Pendidik) terhadap Prestasi Belajar Peserta didik MI Ma’arif Bego. Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. digilib.uin-suka.ac.id/16493/.../11480019_bab-i_iv- atau-v_daftar-pustaka.

U. Saefulloh. 2012. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Moleong Lexy. 2016 . Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rodakarya.

Dharma Kesuma,Cepi Triatna, Johar Permana. 2018. Pendidikan Karakter, Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rodakarya.

Daryanto, Suryatri Darmiatun. 2013. Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Moleong Lexy. 2016 . Anatomi dan Perkembangan Teori Sosial. Yogyakarta: PT. Aditya Media Publishing..

Mulyani Sumantri. 2014 . Perkembangan Peserta Didik. Tangerah Selatan: UniversitasiTerbuka

Downloads

Published

2022-12-26

How to Cite

HABIB MAULANA. (2022). PERAN TEMAN SEBAYA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI ERA DIGITALISASI . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN AGAMA, 3(2), 147–161. https://doi.org/10.55606/semnaspa.v3i2.173

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.