ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA AJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS 5 DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Andi Sutomo Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/semnaspa.v3i2.191

Keywords:

Media ajar, Pendidikan kewarganegaraan

Abstract

Keberhasilan penerapan tematik pendidikan dipengaruhi oleh rencana penerapan pendidikan yang sudah dirancang serta diterapkan dalam aktivitas pendidikan sehingga guru wajib dapat memilah media pendidikan yang cocok dengan ciri siswa agar dapat menarik perhatian dan motivasi siswa agar belajar dengan bersemangat, bahagia, dan semangat.. Media pembelajaran adalah bahan , alat, atau teknik yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai keberhasilan proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Metode deskriptif yang dimaksud adalah metode yang mencoba menggambarkan fakta sebagaimana adanya. Tujuan dari metode ini adalah untuk menggambarkan secara sistematis, realistis dan akurat fakta, karakteristik dan hubungan dari satu fenomena ke fenomena lain. Berbagai studi di atas memberikan indikasi bahwa penelitian mengenai pengembangan media ajar dalam proses pembelajaran PKn memiliki hasil positif dan perlu terus dikembangkan. Kemudian, Namun demikian, ada sesuatu hal yang menarik dalam substansi modul pendidikan PKn, utamanya terpaut dengan Pancasila. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, rendahnya motivasi dan keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran PKn harus segera diatasi. Alternatif solusi yang layak adalah pengembangan lingkungan belajar yang inovatif. Media pembelajaran yang berani dikembangkan untuk mempelajari materi pembelajaran abstrak adalah pemanfaatan sumber daya komputer. Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia, rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dalam bidang kewarganegaraan harus segera dibenahi. Solusi alternatif yang dapat dicoba adalah dengan meningkatkan inovasi media pendidikan

References

Karima, Retmaniar, and Ida Dwijayanti. "ANALISIS KEBUTUHAN AWAL PENGEMBANGAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI SD."

Dwipayana, Putu Agus Putra, I. Wayan Redhana, and Putu Prima Juniartina. " Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Budaya Lokal Untuk Pembelajaran IPA di Sekolah Menengah." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) 3.1 (2020):49-60.

Windawati, Ririn, and Henny Dewi Koeswanti. " Mengembangkan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5.2 (2021):1027-1038.

Hidayat, Heri, et al. "Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan." Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha 8.2 (2020): 57-65.

Raharjo, Raharjo. “Menganalisis Kebutuhan Guru Warga Dalam Pengembangan Bahan Ajar Virtual.” Kewarganegaraan Progresif:Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan 15.2:60-67.

Apriliani, Medhitya Alda, et al. "Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab." Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8.2 (2021): 129-145.

Camelia, Camelia, Kurnisar Kurnisar, and Aulia Novemy SBK Lestari. "ANALISIS KEBUTUHAN BUKU AJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN." Untirta Civic Education Journal 5.2 (2020)

Rahmaibu, Farida Hasan, Farid Ahmadi, and Fitria Dwi Prasetyaningsih. "Pengembangan media pembelajaran dengan Adobe Flash untuk meningkatkan kewarganegaraan." Jurnal Kreatif:Jurnal Pendidikan Dasar 7.1 (2016).

Kurniyawati, Shobiroh Ulfa, and Aninditya Sri Nugraheni. "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gawai Pada Pembelajaran PPKn Kelas 3 SD/MI Di Masa Pandemi Covid-19." ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 5.2 (2021): 159-171

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

Andi Sutomo. (2022). ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA AJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS 5 DI SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN AGAMA, 3(2), 216–224. https://doi.org/10.55606/semnaspa.v3i2.191

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.