INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) (Studi Pembelajaran PAI Berbasis Inquiri)

Authors

  • Ahmad Hariyadi IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.55606/semnaspa.v1i1.67

Keywords:

Inquiry, eksperimen, teknik pengajaran.

Abstract

Lembaga pendidikan Islam bisa dikategorikan sebagai lembaga industri mulia (noble industri) karena  mengemban  misi  ganda,  yaitu  profit  sakaligus  sosial.  Misi  profit,  yaitu  untuk  mencapai keuntungan, ini dapat dicapai ketika efisiensi dan efektivitas dana bisa tercapai, sehingga pemasukan (income) lebih besar dari biaya operasional. Oleh karena itu guru dituntut untuk lebih kreatif, selektif dan  proaktif  dalam  mengakomodir   kebutuhan  siswa  guru  juga  lebih  peka  terhadap  karakteristik maupun psikis siswa. Beberapa usaha yang dapat dilakukan  guru dalam rangka menciptakan  kondisi yang  efektif  dan  kondusif  adalah  kecekataan  dalam  memilih  sebuah  metode  dengan  pendekatan emosional  dan psikologis  siswa untuk itu seorang guru bukan hanya dituntut untuk bisa menguasai teknik pengelolahan kelas, keterampilan, mengajar, pemanfaatan sumber belajar, penguasaan emosional siswa, penguasaan kondisi kelas dan sebagainya.

Inquiry merupakan  teknik yang mempersiapkan  peserta didik pada situasi untuk melakukan eksperimen  sendiri secara luas agar melihat apa yang terjadi, ingin melakukan sesuatu, mengajukan pertanyaan-pertanyaan  dan mencari jawabannya sendiri, serta -menghubungkan  penemuan yang lain, membandingkan   apa  yang  ditemukannya   dengan  yang  ditemukan  peserta  didik  lainnya.  inquiry sebagai teknik pengajaran mengandung arti bahwa dalam proses kegiatan mengajar berlangsung harus dapat mendorong dan dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dalam belajar. Untuk mengatasi  kesulitan  ini  dapat  diketahui  dengan  jalan  mengembangkan  keimanan  berbasis  inquiri berbasis  kontestual.  Melalui  pendekatan  ini,  peserta  didik  diajak  untuk  mengamati  dan  mengkaji peristiwa-peristiwa kehidupan sebagai laboratorium (Pendidikan Agama Islam).

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Ahmad Hariyadi. (2020). INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) (Studi Pembelajaran PAI Berbasis Inquiri). PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN AGAMA, 1(1), 31–43. https://doi.org/10.55606/semnaspa.v1i1.67

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.