PERHITUNGAN SALES FORECASTING SEBAGAI ALAT PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN KINERJA BISNIS (STUDI KASUS PADA TOKO DEARJOSH COMPUTER)

Authors

  • Angelina Samaria br Purba Universitas 17 Agustus 1945
  • Adiati Trihastuti Universitas 17 Agustus 1945

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurnalrisetilmuakuntansi.v2i1.211

Keywords:

Sales Forecasting, Perencanaan, dan Pengendalian

Abstract

Persaingan yang semakin ketat antara pelaku usaha menimbulkan kesulitan bagi para pemiliknya. Oleh karena itu, pelaku usaha harus masuk lebih detail untuk mencapai tujuannya. Dalam studi ini, terlihat bahwa sales forecasting (peramalan penjualan) memainkan peran yang sangat penting bagi pelaku usaha kecil hingga besar. Penelitian dilakukan di Toko DearJosh Computer dan perhitungan sales forecasting digunakan untuk mengetahui rencana strategis apa yang akan menjadi langkah selanjutnya dari usaha yang ada.

Tujuan dari penelitian ini ialah memberikan solusi terhadap permasalahan manajemen penjualan dengan menghitung sales forecasting (peramalan penjualan) yang dapat digunakan sebagai alat perencanaan dan pengendalian kinerja toko di DearJosh Computer. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Investigasi dilakukan langsung di lokasi melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.

Ketika dilakukan perhitungan sales forecasting (peramalan penjualan), trend yang didapat adalah trend negative karena hasil bulan Januari hingga Desember 2022 mengalami kenaikan untuk anggaran penjualan namun tidak dapat memenuhi realisasi penjualan. Kemudian dilakukan proses perencanaan dengan membuat anggaran penjualan bulan Januari hingga Desember 2022. Proses pengendalian membandingkan anggaran penjualan dengan realisasi penjualan. Dari hasil selisih anggaran penjualan dan pengakuan pendapatan, ternyata anggaran penjualan yang telah ditetapkan terpenuhi.

References

Abrams, R. (2012). The Owner’s Manual for small business (5th ed.). Kanisius.

Adisaputro, G. A. Y. (2017). Anggaran Bisnis; Analisis, Prenecanaan, dan Pengendalian Laba (Edisi pertama). UPP STIM YKPN.

Affandi, E., & Riansyah, W. (2020). Peramalan Penjualan Bulanan menggunakan metode Trend Moment pada Toko Suamzu Boutique. Jurnal Sains Manajemen Informatika Dan Komputer, No.46–53.

Anggaran, P., Pada, P., Bangunan, T., Sukma Wijaya, R., & Novelia, R. (2017). Jurnal Ekonomi & Bisnis Dharma Andalas (Vol. 19).

Bellaniar Ismiati, M., Erna Permanasari, A., & Hidayah, I. (2014). Analisis Data Time Series Korban DBD Di Kota Palembang untuk mendapatkan trend dalam melakukan forecasting.

Chambers, J. C. K. S. S. D. D. (n.d.). How to Choose the Right Forecasting Technique. Financial Analysis.

Hakim Nasution, A. P. Y. (2008). Perencanaan & Pengendalian Produksi (1st ed.). Graha Ilmu.

Haruman, T. R. S. (n.d.). Penyusunan Anggaran Perusahaan - Tendi (Kedua). Graha Ilmu.

Hommy D. Sinaga, N. I. (2018). Perbandingan Double Moving Averagedengan Double Exponential Smoothing Pada Peramalan Bahan Medis Habis Pakai. JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 6 (Keywords:medical supplies demand, forecasting, moving average, exponential smoothing), No.1–204.

Muryati. (2017). Analisis Peramalan Penjualan Usaha Ardyla Bakery di Muara Bulian. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jamb, 17 (Single Moving Average, Double Moving Average, Single Exponential Smoothing), No.1–11.

Nasution, S. (2017). Variabel Penelitian. Variabel Penelitian, 05 (Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal), No.1–9.

Priyo, D., Stie, S., & Sukabumi, P. (n.d.). Akuntansi Manajemen: Informasi dan Alternatif Untuk Pengambilan Keputusan.

Prof. Dr. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D – MPKK (3rd ed.). Alfabeta.

Saepulloh, I. ,Putra,Yeffry H. (n.d.). Forecasting Kebutuhan Obat Menggunakan Metode Pola Konsumsi, Pola Mordibitas dan Winter’s Exponential Smoothingdi RS Paru Dr.H.A Rotinsulu Bandung.

Setio Kurnianti, W. (n.d.). Analisis Break Even Point sebagai alat perencanaan.

Syaefudin Sa’ud, U. (2007). Perencanaan Pendidikan : Suatu Pendekatan Komprehensif / Udin Syaefudin Sa’ud (3rd ed.). Remaja Rosdakary.

Usry, M. M. H. A. G. H. L. W. H. (1991). Akuntansi biaya : perencanaan dan pengendalian (8th ed., Vol. 1). Erlanga.

Widiastoeti, H. R. (2018). Peranan Audit Oprasional Dalam Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi System Penjualan Pada Perusahaan PT. Andalan Finance.

Wijaya, R. S. N. R. (2017). Perhitungan Anggaran Penjualan Pada Toko Bangunan Alam Jaya Di Padang. Jurnal Ekonomi & Bisnis Dharma Andalas, 19 (Anggaran Penjualan, Realisasi Anggaran dan Forecasting Penjualan), No.1–6.

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Angelina Samaria br Purba, & Adiati Trihastuti. (2023). PERHITUNGAN SALES FORECASTING SEBAGAI ALAT PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN KINERJA BISNIS (STUDI KASUS PADA TOKO DEARJOSH COMPUTER). Akuntansi, 2(1), 275–292. https://doi.org/10.55606/jurnalrisetilmuakuntansi.v2i1.211

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.