Penerapan Audit Sumber Daya Manusia dalam Menilai Kepuasan Kerja Karyawan PT. Fajar Alif Makmur

Authors

  • Mohammad Bagus Andika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ida Bagus Ketut Bayangkara Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurnalrisetilmuakuntansi.v2i1.193

Keywords:

Audit Manajemen, Kepuasan Kerja, Sumber Daya Manusia

Abstract

Setiap perusahaan dinilai penting untuk melaksanakan aktivitas audit sumber daya manusia atau audit SDM. Pentingnya audit sumber daya manusia dikarenakan audit sumber daya manusia didesain untuk mengukur biaya dan manfaat program manajemen untuk perbandingan efisiensi dan kreativitas dengan kinerja perusahaan di masa lalu dan tujuan awal perusahaan. Kepuasan kerja karyawan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan perusahaan, karena kinerja karyawan bersumber dari kepuasan kerja mereka. Permasalahan sumber daya manusia yang muncul di PT. Fajar Alif Makmur adalah tingginya perputaran karyawan, yang menjadikan banyak jabatan kosong karena karyawan yang keluar secara tiba-tiba. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kepuasan kerja karyawan PT. Fajar Alif Makmur dinilai melalui penetapan audit sumber daya manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana peneliti melakukan observasi dan wawancara mendalam terhadap HRD dan beberapa karyawan PT. Fajar Alif Makmur. Temuan yang didapatkan oleh peneliti adalah tidak adanya aturan promosi jabatan dan jenjang karier bagi karyawan, tidak adanya bonus dan juga rekreasi bagi karyawan, dan tidak adanya aturan mengenai PHK ( Pemutusan Hubungan Kerja ) dan ketiga hal tersebut menimbulkan kurangnya kepuasan karyawan sehingga banyak terjadi perputaran karyawan. Implikasi yang dapat diberikan oleh penelitian adalah dapat mengurangi tingkat kegagalan dalam pengelolaan karyawan yang ada, dengan berfokus pada pemenuhan kebutuhan karyawan.

References

Bayangkara, IBK. 2017. Audit Manajemen: Prosedur dan Implementasi. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Budiyanto, A. 2022. Pengaruh Stres Kerja, Lingkungan Kerja, Kompensasi Dan Pengembangan Karier Terhadap Turnover Intention Karyawan Pada Pt. Nesitor. Esensi: Jurnal Manajemen Bisnis, 25(2), 95-109

Christiandi, A., & Hermawan, E. 2022. Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan Pada PT. Ginsa Inti Pratama. EMABI: Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(3), 109-119.

Hasibuan, Malayu. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Indarto, Stefani Lily Dan Hastuti, Theresia Dwi. 2015. Audit Dan Penilaian Kinerja Sumberdaya Manusia: Suatu Pendekatan Konseptual. Yogyakarta : Amara Books.

Mahmudi, 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN

Mardikaningsih, R., & Arifin, S. 2022. Pengaruh Keterlibatan Karyawan Dan Keseimbangan Kehidupan Kerja Terhadap Turnover Intention. Jurnal Baruna Horizon, 5(1), 40-49.

Maulidah, K., Ali, S., & Pangestuti, D. C. 2022. Pengaruh Beban Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Turnover Intention Karyawan RSU “ABC” Jakarta Selatan. Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Manajemen, 3(2), 159-176.

Musrifah, Siti dan Widodo. 2015. Audit Manajemen Pada Sumber Daya Manusia. Tugas Pemeriksaan Manajemen. Jember: Universitas Jember.

Nawawi, H. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Negi, A., & Chaubey, D.S. 2015. Human Resource Audit System For Evaluating Employees Performance. International Journal of Research in Economics and Social Sciences.

Nurmalasari. 2019. Modul Auditing. Pontianak: BSI Pontianak

Purwaningsih, Amalia dan Magdalena, Betty. 2017. Pengaruh Senioritas dan Prestasi Kerja Terhadap Promosi Jabatan pada Karyawan. Jurnal Bisnis Darmajaya, Vol.3. No1.

Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2015. Perilaku Organisasi. Edisi Enam Belas. Alih Bahasa: Ratna Saraswati dan Febriella Sirait. Jakarta: Salemba Empat.

Santosa, A.D., Nilawati, dkk. 2023. Faktor Penentu Turn Over Karyawan PT. Riani Pendekatan KuantitatiF Menggunakan PLS SEM. IKRA-ITH Humaniora: Jurnal Sosial dan Humaniora, 7 (1), 135-148

Silalahi, Ulber. 2015. Asas-asas Manajemen. Bandung: Refika Aditama

Su'ada, A. M., Hadi, S. P., & Suryoko, S. 2022. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Turnover Intention Karyawan (Studi pada Karyawan Pelaksana Produksi PT Putra Albasia Mandiri Temanggung). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(4), 1418-1427.

Sujiyati, A. S., & Dessyarti, R. S. 2022. Pengaruh Pengembangan Karir, Kepuasan Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan (Studi Pada Karyawan Pt Inka Multi Solusi Consulting. In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Vol. 4).

Sutrisno, Edy. 2019. Budaya Organisasi. Jakarta : Prenada Media Group.

Tigau, F. I., & Sugiarto, A. 2022. Strategi Mengendalikan Turnover Karyawan: Studi Kasus Pada Sebuah Rumah Sakit Swasta Di Kota Manado. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 7(1), 135-148.

Downloads

Published

2023-01-16

How to Cite

Mohammad Bagus Andika, & Ida Bagus Ketut Bayangkara. (2023). Penerapan Audit Sumber Daya Manusia dalam Menilai Kepuasan Kerja Karyawan PT. Fajar Alif Makmur. Akuntansi, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.55606/jurnalrisetilmuakuntansi.v2i1.193

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.