Peran Pemuridan Warga Gereja Dalam Membentuk Penatalayanan Misi Gereja Serta Implementasinya Bagi Jemaat Misioner

Authors

  • Marice Simamora Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Sentikhe Tumanggor Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Yesika Lumian Sinaga Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Ellida Lusiva Hasugian Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Serru Tumangger Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Selvia Marpaung Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Andar Gunawan Pasaribu Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.55606/semnaspa.v3i2.159

Keywords:

Pemuridan, Penatalayanan, Misi, Jemaat Misioner.

Abstract

Kehidupan Kristiani yang diciptakan Allah bukan hanya kehidupan menyendiri, tetapi kehidupan bersama komunitas di dalam gereja. Pengalaman dan persoalan akan muncul di sepanjang kehidupan akan tetapi dengan adanya peran gereja sebagai misionaris, tentu Allah memiliki tujuan bahwa anak-anak-Nya akan mencapai suatu kebebasan iman yang kuat serta bertumbuh dan mampu menghadapi berbagai pengajaran sesat. Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan Ini studi kualitatif deskriptif kepustakaan dengan menelaah berbagai literatur yang berkaitan dengan pokok masalah yang dibahas titik melalui kajian dan analisis yang mendalam ini diharapkan gereja memiliki peran penting dalam gerakan misionaris khususnya dalam pembentukan gereja-gereja misionaris. Peran penting gereja dalam gerakan misioner ini adalah menjadi terang bagi umat dan mampu memimpin, menempatkan karya misionaris Dan penginjilan sebagai tujuan utama kepemimpinan. Selain itu, dalam melakukan gerakanmisionaris gereja harus mempertimbangkan beberapa hal termasuk perintis kerja baru yang membuktikan bahwa Tuhan memampukan Setiap anggota-Nya untuk memenuhi panggilan-Nya.

References

Harls Evan R. Siahaan. (2017). Karakteristik Pentakostalisme Menurut Kisah Para Rasul DUNAMIS. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani,2(1) ,12–28.

Daniel Fajar Panuntun dan Eunike Paramita. (2019). Hubungan Pembelajaran Alkitab terhadap Nilai-Nilai Hidup Berbangsa dalam Pemuridan Kontekstual (Kelompok Tumbuh Bersama Kontekstual). Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika, 1(2),

Yahya Fajar Edhi Nugroho, Yanto Paulus Hermanto, dan Rubin Adi Abraham.(2020). Program SMK (Saya Murid Kristus) Sebagai Pendekatan yang Menguatkan Panggilan dalam Amanat Agung di GBI Bethel Bandung. Jurnal PKM Setiadharma, 1(3),43–52.

Paulus Kunto Baskoro & Indra Anggiriati. (2021). Implementasi Pemuridan dalam Efesus 4: 11-16 bagi Pertumbuhan Rohani Jemaat di Masa Kini. Sabda: Jurnal Teologi Kristen, 2(1), 242– 265.

Noh Ibrahim Boiliu. (2021).Kesinambungan Panggilan Misionaris Bangsa Israel dengan Panggilan Pelayanan Misi dan Pemuridan. Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan, 4(2), 209–223.

Paulus Kunto Baskoro. (2020). Prinsip-Prinsip Penggembalaan Berhati Hamba Menurut 1 Petrus 5: 2-3 dan Implikasinya bagi Pertumbuhan Jemaat. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen,2(2), 147–157.

Timotius Haryono. Model Pemuridan Berbasis Keluarga Era New Normal Pandemi Covid19. DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani,5(2).

Yonatan Alex Arifianto, Reni Triposa, dan Daniel Supriyadi. (2020). Menerapkan Matius 5 : 13 Tentang Garam Dunia di Tengah Era Disrupsi. Shamayim : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani,1(1), 92–106.

Daniel Fajar Panuntun dan Eunike Paramita. (2019). Hubungan Pembelajaran Alkitab terhadap Nilai-Nilai Hidup Berbangsa dalam Pemuridan Kontekstual (Kelompok Tumbuh Bersama Kontekstual). Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika, 1(2).

MARIANI FEBRIANA. Puritan dan Pemuridan : Mind, Heart and Life in the Making.(2020). SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika, 5(1).

Paulus Purwoto. (2021). Pendidikan Kristen dalam Gereja Sebagai Dasar dan Sarana Aktualisasi Misi Kristen. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2()1,89-101.

Joni Manumpak, Parulian Gultom, Timotius Togatorop, Candra Gunawan Simanjuntak, Alexander Djuang Papay, Daniel Agustin, Irfan Feriando Simanjuntak.(2019). Pemuridan Warga Gereja dalam Membentuk Penatalayanan Gereja Misi di BCM Ipoh-Perak. REALCOSTER: REAL COMMUNITY SERVICE CENTER JOURNAL, 2(2), 50-54.

Listari, Yonatan Alex Arifianto.(2020). Prinsip-prinsip Misi dari Teks Amanat Agung bagi Pelaksanaan Misi Gereja Masa Kini. Jurnal Teologi Gracia Deo, 3(1), 42-55.

Purin Marbun. (2020). Strategi dan Model Pembinaan Rohani untuk Pendewasaan Iman Jemaat. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity(JIREH), 2,151-169.

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

Marice Simamora, Sentikhe Tumanggor, Yesika Lumian Sinaga, Ellida Lusiva Hasugian, Serru Tumangger, Selvia Marpaung, & Andar Gunawan Pasaribu. (2022). Peran Pemuridan Warga Gereja Dalam Membentuk Penatalayanan Misi Gereja Serta Implementasinya Bagi Jemaat Misioner. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN AGAMA, 3(2), 105–119. https://doi.org/10.55606/semnaspa.v3i2.159

Most read articles by the same author(s)