Implementasi Governansi Digital Melalui Aplikasi Jkn Mobile Di Kantor Bpjs Kesehatan Kota Bukittinggi

Authors

  • Wulan Insan Kamillia Universitas Negeri Padang
  • Syamsir Universitas Negeri Padang
  • Sri Wahyuni Universitas Negeri Padang
  • Indah Felicia Putri Universitas Negeri Padang
  • Nanda Nofirza Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i2.172

Keywords:

Implementasi dan governansi digital.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan governansi digital melalui aplikasi Mobile JKN di kantor BPJS Kesehatan di kota Bukittinggi, Serta dapat menguraikan hambatan- hambatan yang dihadapi serta solusi yang telah di jalankan. Aplikasi mobile jaminan kesehatan nasional (JKN) merupakan suatu bentuk transpormasi digital model bisnis BPJS kesehatan yang semula berupakegoatan administrasi dalam di lakukan di kantor cabang atau fasilitas kesehatan, di transformasi dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan oleh peserta dimana saja dan kapan saja tanpa batasan waktu.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan tiga tahapan yakni tekni reduksi, teknik penyajian data dan teknik pegambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang telah dilakukan di kantor camat kecmatan pauh duo, ditemukan terdapat budaya organisasi kantor tersebut yang terus menerus dilakukan oleh setiap pegawai kantor yaitu jum’at bersih dimana kegiatan membersihkan kantor oleh semua pegawai dengan goro bersama.  Dan  sesuai  tujuan  yang  diharapkan  budaya  tersebut  selain  untuk menjaga kebersihan an kenyamanan, di samping itu juga dapat menjalin kembali hunungan baik antara sesama pegawai dan meningkatkan keangkrabaan. Sehingga budaya tersebut terus menerus dilakukan.

References

Angelita, M., Lukman, S., & Tahir, I. (2021). Inovasi Dan Efektivitas Pelayanan Melalui Mobile Jkn Pada BPJS Kesehatan di Jakarta Selatan. Medium, 9(2), 292-305.

Banowati, L., & Revilia, D. (2021). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile JKN. Health Care: Jurnal Kesehatan, 10(1), 78-84.

Krisdayanti, W. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayanan BPJS Kesehatan di Kota Medan (Doctoral dissertation).

Misnawati, M. (2022). Teori Ekopuitika untuk Penelitian Sastra Lisan. Drestanta Pelita Indonesia Press.

Misnawati, M., Poerwadi, P., Nurachmana, A., Veniaty, S., Lestariningtyas, S. R., Christy, N. A., ... & Rahmawati, S. (2022). The Ekopuitika Theory. International Journal of Education and Literature, 1(1), 54-62.

Nurfaizi, F. M. (2021). Implementasi Mobile Governance dalam Peningkatan Layanan Jaminan Kesehatan Nasional: Studi Kasus Penggunaan Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan di Kota Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BAKRIE).

Perdana, I., & Misnawati, M. P. (2019). Cinta dan Bangga Berbahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. SPASI MEDIA.

Perdana, I. Misnawati. 2021. Evaluasi Pembelajaran.

Poerwadi, P., & Misnawati, M. P. Deder dan Identitas Kultural Masyarakat Dayak Ngaju. GUEPEDIA.

Rahmatullah, A. S., & Ghufron, S. (2021). The Effectiveness Of'facebook'as Indonesian Language Learning Media For Elementary School Student: Distance Learning Solutions In The Era Of The Covid-19 Pandemic. MULTICULTURAL EDUCATION, 7(04), 27-37.

Rinto Alexandro, M. M., Misnawati, M. P., & Wahidin, M. P. (2021). Profesi Keguruan (Menjadi Guru Profesional). Gue.

Simanullang, P. (2022). Application of Introduction To Personality Psychology 5 Genetic Intelligence Through The Concept of Stifin Test. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 100-109.

Supriatin, Y. M., & Istiana, I. I. (2022, November). Kearifan Lokal Masyarakat Adat Sinar Resmi sebagai Identitas Bangsa. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 2, pp. 01-14).

Usop, L. S. (2020). Peran Kearifan Lokal Masyarakat Dayak Ngaju untuk Melestarikan Pahewan (Hutan suci) di Kalimantan Tengah. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(1), 89-95.

Wulandari, A., & Sudarman, I. (2019). Inovasi bpjs kesehatan dalam pemeberian layanan kepada masyarakat: Aplikasi mobile jkn. Jurnal Public Policy Vol, 5(2).

Downloads

Published

2022-12-26

How to Cite

Wulan Insan Kamillia, Syamsir, Sri Wahyuni, Indah Felicia Putri, & Nanda Nofirza. (2022). Implementasi Governansi Digital Melalui Aplikasi Jkn Mobile Di Kantor Bpjs Kesehatan Kota Bukittinggi. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA, 1(2), 204–218. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i2.172