ANALISIS WACANA KOHESI GRAMATIKAL REFERENSI ENDOFORA DALAM SEBUAH CERPEN “AKU CINTA UMMI KARENA ALLAH” KARYA JENNY ERVINA

Authors

  • Ita Rosita Universitas Palangka Raya
  • Dara Syahadah Universitas Palangka Raya
  • Nuryeni Nuryeni Universitas Palangka Raya
  • Hajjah Muawanah Universitas Palangka Raya
  • Yustina Sari Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i1.170

Keywords:

Wacana, Kohesi gramatikal, dan Referensi Endofora.

Abstract

Dalam wacana memerlukan adanya unsur komunikasi yang berupa sumber meliputi pembicara/penulis/pendengar; penerima meliputi pendengar/pembaca/pembicara; saluran komunikasi; pesan; dan pokok masalah. Dalam wacana memiliki ciri utama yaitu harus adanya kepaduan yang terbentuk oleh adanya kesatuan dan pertautan. Kesatuan ini berkenaan dengan pokok masalah, sedangkan pertautan itu berkenaan dengan hubungan antara bagian yang satu dan bagian yang lain, yang berupa kalimat, paragraf, dan pasal.Dalam membentuk wacana diperlukan adanya hubungan antara kata, frasa, klausa dan kalimat sehingga menjadi satu kesatuan dalam wacana yang dapat disebut dengan kohesi gramatikal; tuturan yang membentuk wacana tersebut saling berhubungan dan menghasilkan suatu makna atau arti yang saling terpadu atau membentuk satu kesatuan di dalam wacana yang dapat disebut koherensi. Dari uraian yang dikemukakan diatas, bahwa apabila  urutan dalam suatu wacana tidak jelas atau penempatan kata yang tidak sesuai atau salah maka akan menyebabkan keambiguan atau ketidakjelasan arti atau makna dan tidak koherensinya suatu wacana. Oleh karena itu, kohesi dalam suatu wacana sangat penting dalam mendukung koherensi. dipilihnya karya sastra berupa cerpen sebagai objek dalam menganalisis adalah karena cerpen termasuk ke dalam bagian dari wacana yang dikemas secara ringkas tanpa meningggalkan faktor-faktor yang membentuknya yaitu menggunakan kohesi dan koherensi supaya membentuk satu kesatuan wacana yang utuh dan padu. Sedangkan alasan peneliti secara khusus memilih cerpen berjudul “Aku Cinta Ummi Karena Allah” karya Jenny Ervina karena cerpen ini merupakan salah satu karya yang pertama kali dibuat oleh TKW yang berasal dari Petir, Serang-Banten. Selanjutnya, penelitian analisis wacana ini dapat memberikan pengetahuan mengenai permasalahan kohesi dalam unsur-unsur wacana, khususnya dalam kohesi gramatikal referensi berupa endofora yang bersifat anafora dan katafora.

References

Andani, N. S., Raharjo, R. P., & Indarti, T. (2022). Kritik Sosial dan Nilai Moral Individu Tokoh Utama dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 21-32.

Ahmad Taufik, AAB114020, M. Pd Misnawati, and S. S. Linggua SanjayaUsop. "NILAI SOSIAL TANGGUNG JAWAB TOKOH PROTAGONIS DALAM NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA DAN IMPLIKASI PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA." PhD diss., Universitas Palangka Raya, 2019.

Aji, M. S., & Arifin, Z. (2021). Kritik Sosial dalam Novel Orang-orang Oetimu karya Felix K. Nesi serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di SMA: tinjauan sosiologi sastra. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 72-82.

Arif, M. A., Saleh, R., Delfiro, R., Afifi, R. F., & Yendra, W. (2022, November). Efektivitas Layanan Online Sapo Rancak Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Kota Padang. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 2, pp. 70-79).

Andhini, A. D., & Arifin, Z. (2021). Gaya bahasa perbandingan dalam novel catatan juang karya fiersa besari: kajian stilistika dan relevansinya sebagai bahan ajar sastra di sma. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(2), 44-57.

Andriani, Y. Y., & Adelia, S. C. (2021). Jangjawokan Paranti Dangdan: Rahasia Pesona Gadis Desa Karangjaya Kabupaten Pangandaran. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 58-71.

Anugera, I. R., & Arifin, Z. (2021). Struktur Pembangun Dalam Novel Faith & The City Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 108-121.

Astuti, I. I., & Lestari, S. N. (2022). Nilai-nilai dan Makna Simbolik Upacara Kirab 1 Syura di Loka Muksa Sri Aji Joyoboyo. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 79-90.

Astuti, N. D., & Arifin, Z. (2021). Nilai Sosial Dalam Novel Ananta Prahadi Karya Risa Saraswati: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 13-22.

Aziz, A. (2021). Analisis Nilai Pendidikan Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabhicara. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 1-6.

Aziz, A., & Misnawati, M. (2022, July). Nilai Budaya Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika oleh Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. In Prosiding Seminar Nasional Sasindo (Vol. 2, No. 2).

Dahlia, D. M. (2022). Tindak Tutur Ilokusi Dalam Novel Pastelizzie Karya Indrayani Rusady dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 01-11.

Djajasudarma, T. Fatimah. 2006. Wacana Pemahaman dan Hubungan Antarunsur. Bandung : PT Radika Aditama.

Endraswara, S. (2022). Teori Sastra Terbaru Perspektif Transdisipliner. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 122-250.

Ervina, Jenny. 2010. Gadis Bukan Perawan. Serang : Gong Publishing.

Hasan, Iqbal. 2009. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik.. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Khair, U., & Misnawati, M. (2022). Indonesian language teaching in elementary school: Cooperative learning model explicit type instructions chronological technique of events on narrative writing skills from interview texts. Linguistics and Culture Review, 6, 172-184.

Kartikasari, C. A. (2021). Analisis Sosiologi Sastra Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 7-17.

Maghfiroh, L., Cuesdeyeni, P., & Asi, Y. E. (2021). Analisis Citraan Dalam Kumpulan Puisi Kuajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berduakarya Boy Candra. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 36-44.

Misnawati, M., Poerwadi, P., Nurachmana, A., Veniaty, S., Lestariningtyas, S. R., Christy, N. A., ... & Rahmawati, S. (2022). The Ekopuitika Theory. International Journal of Education and Literature, 1(1), 54-62.

Misnawati, M. P., & Anwarsani, S. P. (2000). Teori Stuktural Levi-Strauss dan Interpretatif Simbolik untuk Penelitian Sastra Lisan. GUEPEDIA.

Misnawati, M., & Rahmawati, E. (2021). Emosi dalam Naskah Drama Sampek dan Engtay Karya Norbertus Riantiarno. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(7), 3360-3379.

Misnawati, M., Poerwadi, P., Veniaty, S., Nurachmana, A., & Cuesdeyeni, P. (2022). The Indonesian Language Learning Based on Personal Design in Improving the Language Skills for Elementary School Students. MULTICULTURAL EDUCATION, 8(02), 31-39.

Samsuri. 1998. Analisis Wacana. Malang : Penyelenggara Pendidikan Pasca Sarjana Proyek Peningkatan / Pengembangan Perguruan Tinggi IKIP Malang.

Sitepu, K. H. B., Poerwadi, P., & Linarto, L. (2021). Realisasi Ilokusi Tindak Tutur Direktif Dalam Dialog Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Biologi di SMAK Santo Aloysius Palangka Raya. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 79-90.

Susi, S., Nurachmana, A., Purwaka, A., Cuesdeyeni, P., & Asi, Y. E. (2021). Konflik Sosial Dalam Novel Nyala Semesta Karya Farah Qoonita. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 32-43.

Simanullang, P. (2022). Application of Introduction To Personality Psychology 5 Genetic Intelligence Through The Concept of Stifin Test. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 100-109.

Sudjiman, Panuti. 1990. Kamus Istilah Sastra. Jakarta : Universitas Indonesia Press.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 1987. Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa

Tasik, F. B., Karlina, K., & Wulandari, D. (2022). Peran Penalaran Logika Dalam Pemecahan Masalah Pamali di Lembang Ratte Kecamatan Masanda. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 91-99.

Yusuf, M., Darihastining, S., & Ahya, A. S. (2022, November). Simbolisme Budaya Jawa Dalam Novel Darmagandhul (Kajian Etnosemiotik). In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 2, pp. 54-69).

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Ita Rosita, Dara Syahadah, Nuryeni Nuryeni, Hajjah Muawanah, & Yustina Sari. (2022). ANALISIS WACANA KOHESI GRAMATIKAL REFERENSI ENDOFORA DALAM SEBUAH CERPEN “AKU CINTA UMMI KARENA ALLAH” KARYA JENNY ERVINA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA, 1(1), 179–191. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i1.170