Efektivitas Layanan Online Sapo Rancak Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Kota Padang

Authors

  • Muhammad Ananda Arif Universitas Negeri Padang
  • Rahmat Saleh Universitas Negeri Padang
  • Rio Delfiro Universitas Negeri Padang
  • Rizi Fadel Afifi Universitas Negeri Padang
  • Wahyu Yendra Universitas Negeri Padang
  • Syamsir Syamsir Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i2.133

Keywords:

layanan online, web , sapo rancak.

Abstract

Pengembangan inovasi dan aplikasi pelayanan publik berbasis web merupakan salah satu bentuk penerapan e-government. salah satu hasil program Penanaman Modal Kota Padang dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) online dari Sapo Rancak. Aplikasi Rancak Sapo yang merupakan aplikasi berbasis web ini dapat digunakan oleh siapa saja dengan koneksi internet. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk mempermudah. mendapatkan izin layanan, khususnya kewajiban layanan, untuk pengguna umum. Pemohon lisensi wajib memenuhi kewajiban untuk menggunakan aplikasi OSS secara legal atau efektif. Metodologi yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah deskriptif kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata lisan dari informan terkait. Dalam penerapannya, aplikasi layanan Sapo Rancak online dapat dikatakan mampu mengurangi kontak langsung antara pemohon izin dan petugas, namun aplikasi ini masih memiliki beberapa kekurangan atau kendala yang membuat aplikasi ini masih belum efektif dan efisien, diantaranya penggunaan aplikasi ini yang tidak dapat diakses. Reformasi pelayanan bertujuan untuk mengoreksi dan terus memperbarui penyimpangan pembangunan nasional sebelumnya. Agar negara dan pemerintahan yang direformasi tidak ketinggalan arus globalisasi, maka birokrasi harus dilaksanakan. pejabat akan memulai reformasi ini, yang harus dilaksanakan oleh pejabat pemerintah lainnya.

References

Abdul Wakhid, Wakhid. “Reformasi Pelayanan Publik Indonesia.” 14.1 Jurnal TAPIs (2017):1-10

Ahmad, Roni Ekha Putera, Kusdarini Kusdarini, dan Rusdi “E-Government Analisis Di DPMPTSP KOTA PADANG sedang digunakan aplikasi SAPO RANCAK..”10.1 Jurnal Administrasi Publik (JIAP) Tahun 2022:26-48.

Hendra, A., & Marseda, I. A. (2022). Eco-Etika Dalam Budaya Manugal Dayak Ngaju (Tinjauan Ekologis Berdasarkan Ensiklik Laudato Si Art. 139). ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 122-250.

Khair, U., & Misnawati, M. (2022). Indonesian language teaching in elementary school: Cooperative learning model explicit type instructions chronological technique of events on narrative writing skills from interview texts. Linguistics and Culture Review, 6, 172-184.

Kartikasari, C. A. (2021). Analisis Sosiologi Sastra Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 7-17.

Misnawati, M., Aziz, A., Anwarsani, A., Rahmawati, S., Poerwadi, P., Christy, N. A., ... & Veniaty, S. (2022). Pemberdayaan Kewirausahaan untuk Anak Tunarungu Dengan Pembuatan Selai Nanas. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(10), 2823-2842.

Oktarina, W., Syamsir, M. S., Hadijah, A., Wahyuni, S., & Arianti, P. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SLB Permata Bunda Kecamatan VII Koto Sungai Sariak. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 240-250.

Perdana, I., & Misnawati, M. P. (2019). Cinta dan Bangga Berbahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. SPASI MEDIA.

Poerwadi, P., & Misnawati, M. P. Deder dan Identitas Kultural Masyarakat Dayak Ngaju. GUEPEDIA.

Ramadhina, M. Y., Warmayana, I. G., Fajarianti, A. C., Kholda, K., Subrata, H., Rahmawati, I., & Choirunnisa, N. L. (2022). KREASI MINI WATER HEATER DARI BARANG BEKAS: MEDIA BERBASIS STEAM UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 122-250.

Rahmatullah, A. S., & Ghufron, S. (2021). The Effectiveness Of'facebook'as Indonesian Language Learning Media For Elementary School Student: Distance Learning Solutions In The Era Of The Covid-19 Pandemic. MULTICULTURAL EDUCATION, 7(04), 27-37.

Rinto Alexandro, M. M., Misnawati, M. P., & Wahidin, M. P. (2021). Profesi Keguruan (Menjadi Guru Profesional). Gue.

Rusli, B. (2016). Konsep dan Latar Belakang Reformasi Administrasi. Melalui www. pustaka. ut. ac. id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/DAPU6103-M1. pdf.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Muhammad Ananda Arif, Rahmat Saleh, Rio Delfiro, Rizi Fadel Afifi, Wahyu Yendra, & Syamsir Syamsir. (2022). Efektivitas Layanan Online Sapo Rancak Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Kota Padang. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA, 1(2), 70–79. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i2.133