Simbolisme Budaya Jawa Dalam Novel Darmagandhul (Kajian Etnosemiotik)

Authors

  • Muhammad Yusuf
  • Susi Darihastining
  • Ahmad Syauqi Ahya

DOI:

https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i2.107

Keywords:

Etnosemiotik, Simbolisme Budaya Jawa, Darmagandhul

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya simbolisasi budaya Jawa dalam Novel Darmagandhul karya Ki Kalamwadi, sehingga teks yang ada dalam novel perlu dipahami maksud, tujuan, dan manfaat yang ada dalam novel. Novel Damgandhul menyimpan banyak sekali simbolisme budaya Jawa yang memerlukan difahami lewat kajian Etnosemiotik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai etnik Jawa dalam novel Darmagandhul karya Ki Kalamwadi

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) peneliti menentukan satuan yaitu kata atau kalimat dalam Novel Darmagandhul karya Ki Kalamwadi; (2) melakukan pembacaan secara teliti Novel Darmagandhul karya Ki Kalamwadi; (3) peneliti mengidentifikasi dan mencatat data yang berupa simbol dalam Novel Darmagandhul; (4) mengodifikasi data; (5) mengintepretasi data, analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dilakukan dengan teori Etnosemiotik.

Hasil penelitian ini, nilai etnik yang ada dalam novel Darmagandhul karya Ki Kalamwadi terdapat beberapa nilai seperti nilai keagamaan dalam kalimat Budi Hawa karena menunjukkan sikap patuh dalam melaksanakan agamanya. Selain itu dalam novel juga ada nilai  kepemimpinan, kepahlawananan, keteguhan, dan toleransi.

References

Aziz, A., & Misnawati, M. (2022, July). Nilai Budaya Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika oleh Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. In Prosiding Seminar Nasional Sasindo (Vol. 2, No. 2).

Baehaqie, Imam. 2013. Etnolinguistik Telaah teoritis dan praktis. Surakarta: Cakrawala Media

Eco, Umberto. 1979. Theori Semiotics Bloomington. Indiana University Press.

Fiske Fiske, John. 1990. Introduction to Communication Studies. London: Rouletge

Herusatoto, Budiono. 2005. Simbolisme dalam Budaya Jawa. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Herusatoto, Budiono. 1985. Simbolisme dalam Budaya Jawa. Yogyakarta: PT Hanindita Offset.

Kemetrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). (2010). Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Pedoman Sekolah.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Misnawati, M. (2022). Teori Ekopuitika untuk Penelitian Sastra Lisan. Drestanta Pelita Indonesia Press.

Misnawati, M., Maysani, D., Diman, P., & Perdana, I. (2022). Keindahan Bunyi Sebagai Identitas Kultural Masyarakat Dayak Maanyan Dalam Sastra Lisan Tumet Leut. Drestanta Pelita Indonesia Press.

Misnawati, M. P., & Anwarsani, S. P. (2000). Teori Stuktural Levi-Strauss dan Interpretatif Simbolik untuk Penelitian Sastra Lisan. GUEPEDIA

Misnawati, M., Poerwadi, P., Anwarsani, A., Nurachmana, A., & Diplan, D. (2021). Representation of cultural identity of the Dayak Ngaju community (structural dynamic study). JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 690-698.

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PTRemaja Rosdakarya.

Muriyana, T. (2022). Kajian Sastra Bandingan: Perbandingan Aspek Citraan (Imagery) Dan Makna Dalam Puisi ‘Peringatan’karya Wiji Thukul Dengan Puisi ‘Caged Bird’karya Maya Angelou. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 122-250.

Nababan, V. D., Diman, P., & Cuesdeyeni, P. (2021). Gaya Bahasa Perbandingan dalam Novel Garis Waktu Karya Fiersa Besari. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 67-78

Purwonomo, Eko. 2018. Makna Tradisi Suroan dan Nilai Pendidikan Karakter Di Desa Jambuwer Kabupaten Malang. Skripsi. Universitas Islam Majapahit.

Perdana, I., & Misnawati, M. P. (2019). Cinta dan Bangga Berbahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. SPASI MEDIA.

Poerwadi, P., & Misnawati, M. P. Deder dan Identitas Kultural Masyarakat Dayak Ngaju. GUEPEDIA.

Pradopo, Rachmat Djoko. 1995. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, Dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pradopo, Rachmat Djoko. 1993. Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Rahmadi, (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.

Sobur, Alex. (2006). Semiotika Komiunikasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Usop, L. S. (2020). Peran Kearifan Lokal Masyarakat Dayak Ngaju untuk Melestarikan Pahewan (Hutan suci) di Kalimantan Tengah. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(1), 89-95.

Additional Files

Published

2022-11-12

How to Cite

Muhammad Yusuf, Susi Darihastining, & Ahmad Syauqi Ahya. (2022). Simbolisme Budaya Jawa Dalam Novel Darmagandhul (Kajian Etnosemiotik). PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA, 1(2), 54–69. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i2.107