ANALISIS PERBANDINGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE FULL COSTING DAN VARIABLE COSTING SEBAGAI PENENTUAN HARGA JUAL PADA PT. LUSUKA KREATIF INDONESIA

Authors

  • Lisa Febriyanti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Titiek Rachmawati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurnalrisetilmuakuntansi.v2i1.209

Keywords:

full costing, variable costing, harga pokok produksi, harga jual.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan dua metode penentuan harga pokok produksi yang dijelaskan dengan menggunakan Full Costing dan Variable Costing, dan untuk menentukan metode mana yang lebih menguntungkan dalam menentukan harga jual di PT. Lusuka kreatif Indonesia. Penelitian ini diklasifikasikan ke dalam penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif sebagai metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga pokok produksi yang dihitung dengan menggunakan metode full costing lebih tinggi dibandingkan dengan metode variable costing. Total harga pokok produksi jika dikalikan dengan unit produksinya selama bulan Oktober 2022 dengan metode full costing sebesar Rp 38.103.300 sedangkan metode variable costing sebesar Rp 30.324.600, sehingga terdapat selisih Rp 7.778.700. Hal ini dikarenakan dalam perhitungan full costing memperhitungkan secara rinci seluruh unsur biaya produksi yang dibebankan pada produk. Penentuan harga jual dengan cost plus pricing adalah penentuan harga jual dengan cara menambahkan seluruh biaya penuh untuk proses produksi maupun non produksi dengan laba yang diharapkan oleh perusahaan. Berdasarkan hasil perhitungan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing menghasilkan harga jual lebih rendah dibandingkan dengan harga jual yang ditetapkan oleh PT. Lusuka Kreatif Indonesia.

 

References

Bustami, B dan Nurlela. (2010). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fitrah, Rezanda dan Endang Dwi Retnani. (2014). Penentuan Harga Jual Menggunakan Cost Plus Pricing dengan Pendekatan Variable Costing. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, Vol. 3(11), 1-14.

Mulyadi. (2002). Akuntansi Biaya Edisi 5. Yogyakarta: Aditya Media.

Mulyadi. (2012). Akuntansi Biaya Edisi ke-5. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Mulyadi. (2014). Akuntansi Biaya Edisi ke-5. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan.

Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya (5 th ed). Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Supriyono. (2013). Akuntansi Biaya dan Penentuan Harga Pokok. Edisi Kedua. Yogyakarta: BPEF.

Widilestariningtyas. Et al., (2012). Akuntansi Biaya. Edisi Kesatu. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Lisa Febriyanti, & Titiek Rachmawati. (2023). ANALISIS PERBANDINGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE FULL COSTING DAN VARIABLE COSTING SEBAGAI PENENTUAN HARGA JUAL PADA PT. LUSUKA KREATIF INDONESIA. Akuntansi, 2(1), 252–264. https://doi.org/10.55606/jurnalrisetilmuakuntansi.v2i1.209

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.