PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA), CURRENT RATIO (CR), DAN DEBT TO TOTAL ASSET RATIO (DAR) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PT. ERAJAYA SWASEMBADA Tbk.

Authors

  • Slamet Adi Prastyo Universitas Islam Kadiri
  • Taufik Akbar Universitas Islam Kadiri
  • Suseno Hendratmoko Universitas Islam Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurnalrisetilmuakuntansi.v1i2.60

Keywords:

Return On Asset, Current Ratio, Debt to Total Asset Ratio, Harga Saham

Abstract

Setiap perusahaan besar yang banyak dikenal oleh masyarakat diharapkan selalu mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Untuk melakukan setiap kegiatan yang diinginkan, suatu perusahaan selalu membutuhkan modal. Maka dari itu, untuk mempermudah perusahaan dalam mendapatkan modal terdapat pasar modal yang dipergunakan para investor dan emiten untuk melakukan transasksi jual beli  saham. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh Return On Asset, Current Ratio, dan Debt to Total Asset Ratio terhadap Harga Saham pada PT. Erajaya Swasembada Tbk.

Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan populasi seluruh laporan keuangan sejak awal listing dan sampel yang digunakan adalah laporan keuangan triwulan perusahaan periode 2013-2020. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa Return On Asset berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham, Current Ratio berpengaruh signifikan terhadap harga saham, Debt to Total Asset Ratio berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara simultan seluruh variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Hal tersebut diketahui dari hasil analisis sebagai berikut: nilai R2 = 0,279 atau 27,9% yang berarti 71,1% dipengaruhi oleh model lain.

Downloads

Published

2022-06-22

How to Cite

Slamet Adi Prastyo, Taufik Akbar, & Suseno Hendratmoko. (2022). PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA), CURRENT RATIO (CR), DAN DEBT TO TOTAL ASSET RATIO (DAR) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PT. ERAJAYA SWASEMBADA Tbk. Akuntansi, 1(2), 14–34. https://doi.org/10.55606/jurnalrisetilmuakuntansi.v1i2.60

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.