Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Persediaan Barang Dagang Pada PT Javas Tripta Mandala Surabaya

Authors

  • Kevin Rachael Fahreza Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Tries Ellia Sandari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurnalrisetilmuakuntansi.v2i1.197

Keywords:

Pengendalian internal, Persediaan Barang Dagangan.

Abstract

PT. Javas Tripta Mandala Surabaya menjadi lokasi penelitian dilakukan. Kepatuhan yang ketat terhadap aturan dan prosedur untuk manajemen inventaris diperlukan sebelum distribusi produk herbal. Jika kontrol diterapkan dengan cara yang konsisten dengan kerangka kerja COSO, maka tindakan tersebut dianggap sebagai kontrol internal yang efektif (Komite Organisasi Sponsor). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengendalian internal yang ada di PT. Java Tripta Mandala Surabaya. Penelitian ini merupakan studi kasus dalam penelitian deskriptif yang dilakukan di PT. Java Tripta Mandala Surabaya. Studi ini berfokus terutama pada manajemen internal persediaan barang di organisasi. Menurut temuan penelitian, tampaknya belum beroperasi seefektif dan seefisien mungkin, terlepas dari upaya terbaik dari semua orang yang terlibat. Kerangka kerja COSO telah digunakan sebagai landasan prinsip-prinsip pengendalian internal perusahaan. Meskipun demikian, masih ada ruang untuk perbaikan dalam pendekatan penilaian dan pemantauan risiko perusahaan.

References

Anna Marina, S. I. (2018). Sistem Informasi Akuntansi : Teori dan Praktikal. Surabaya: UMSurabaya Publishing.

Brenda Meydita Lineke Kawatu, J. J. (2020). Analisis Sistem Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagangan pada PT. Daya Anugrah Mandiri Cabang Manado (Vol. 15). Manado: Jurnal Riset Akuntansi.

Dearma Sariani Sinaga, J. S. (2021). Analisis Pengendalian Internal atas Persediaan Baranf Dagang pada PT. Kimia Farma Medan (Vol. 4). Medan: Jurnal Penelitian Fisikawan.

Dida Farida, I. R. (2021). Analisis Pengendalian Internal Persediaan Baranf Dagang pada PT. Karya Lestari Mandiri Garut (Vol. 21). Garut: Jurnal Wacana Ekonomi.

Fanny Angkasa, E. S. (2019). Analisis Pengendalian Intern Persediaan Barang Dagang pada PT. Panca Kurnia Niaga Nusantara Medan (Vol. 5). Medan: Jurnal Bisnis Kolega.

Luh Gede Kusuma Dewi, N. L. (2020). Analisis Pengendalian Intern Persediaan Barang Dagang dan Penerapan Akuntansi pada PT. Indahwati Sari. Denpasar: Widya Akuntansi dan Keuangan .

Muhammad Ridwan, R. S. (2020). Analisis Sistem Pengendalian Intern atas Persediaan Barang Dagangan pada PT. Peruashaan Perdagangan Indonesia (Vol. 2). Palembang: Jurnal Ratri (Riset Akuntansi Tridinanti).

Nadia Ayu Cahyaningsih, P. Y. (2021). Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Internal atas Persediaan Barang Dagang pada PT XYZ (Vol. 2). Surabaya: Korelasi (Koferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi).

Novan Kristanto, D. W. (2022). Analisis Sistem Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagang (Studi Kasus PT Dwiputra Indah Textil). Surabaya: Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi .

Nurhayati, M. C. (2021). Analisis Sistem Pengendalian Internal atas Persediaan Barang Dagang pada PT Niaga Raya Samarinda. Samarinda: Ekonomia.

Downloads

Published

2023-01-17

How to Cite

Kevin Rachael Fahreza, & Tries Ellia Sandari. (2023). Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Persediaan Barang Dagang Pada PT Javas Tripta Mandala Surabaya. Akuntansi, 2(1), 68–81. https://doi.org/10.55606/jurnalrisetilmuakuntansi.v2i1.197

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.