PRAKTEK AKUNTANSI SYARIAH PADA PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH DI BMT AMANAH UMMAH SURABAYA

Authors

  • Subas Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah
  • Rian Syauqi Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah
  • Homsin Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurnalrisetilmuakuntansi.v1i3.99

Keywords:

BMT, Mudharabah, Akuntansi Syariah

Abstract

BMT Amanah Ummah merupakan Lembaga keuangan Syariah yang termasuk pada kategori non bank dimana keberadaan nya hadir di tengah kota metropolitan layaknya Surabaya, oleh karena itu banyaknya nasabah dalam menggunakan produk tabungan juga harus di imbangi dengan system bagi hasil dan pelaporan yang sesuai dengan kaidah masing-masing. Penelitian ini berbentuk field research dimana melakukan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan data – data yang didukung oleh BMT guna adanya analisis data sehingga bisa terbentuk keabsahan datanya.

Hasil penelitiannya adalah BMT Amanah Ummah dalam penerapan tabungan mudaharabah sudah sesuai dengan aturan Syariah dan untuk pelaporan akuntasi Syariah berdasarkan PSAK no 105 belum sepenuhnya di terapkan akan tetapi sudah bisa dikatakan baik karena sudah ada beberapa point penting yang diterapkan didalamnya.

Downloads

Published

2022-09-26

How to Cite

Subas, Rian Syauqi, & Homsin. (2022). PRAKTEK AKUNTANSI SYARIAH PADA PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH DI BMT AMANAH UMMAH SURABAYA. Akuntansi, 1(3), 283–292. https://doi.org/10.55606/jurnalrisetilmuakuntansi.v1i3.99

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.