ANALISIS PEMBIAYAAN ARRUM BUKU PEMILIK KENDARAAN BERMOTOR (BPKB) PEGADAIAN SYARIAH TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL (Pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Jelutung Kota Jambi)

Authors

  • Sarita Isniarti Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Arsa Arsa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Anzu Elvia Zahara Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurnalrisetilmuakuntansi.v1i4.108

Keywords:

Pembiayaan Arrum BPKB, Pengembangan, UMKM

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah tidak terlepas pula dari sejumlah masalah yang sering dihadapi para pengusaha. Salah satunya adalah kurangnya permodalan untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalankan. Masalah tersebut dapat mengakibatkan terhambatnya perkembangan usaha. Permasalahan yang timbul harus segara dapat diatasi dengan tambahan modal agar tidak berdampak pada keuntungan usaha. Sebagai alternatif yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah permodalan yaitu dengan mengajukan Pembiayaan Arrum BPKB pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Jelutung Kota Jambi, namun dalam melakukan pembiayaan harus menjamin kualitas Pembayaran angsuran sebaik mungkin, agar tidak terjadi kredit macet atau pembiayaan bermasalah. Yang dampaknya dapat mengakibatkan kerugian pada Pegadaian Syariah karena tidak kembalinya pembiayaan yang ditanamkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. Bagaimana penerapan pembiayaan Arrum BPKB pegadaian syariah terhadap pengembangan usaha mikro kecil yang dijalankan PT. Pegadaian Syariah Cabang Jelutung Kota Jambi. Dan Bagaimana pengaruh pembiayaanArrum BPKB Pegadaian Syariah terhadap pengembangan usaha mikro kecil yang dijalankan PT. Pegadaian Syariah Cabang Jelutung Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan editing, organizing dan penemuan hasil dengan menganalisis data yang diperoleh untuk diambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Analisis pembiayaan Arrum BPKB yang dijalankan Pegadaian Syariah Cabang Jelutung Kota Jambi berjalan sesuai dengan standar operasional manajemen yang berlaku pada pegadaian syariah pada umumnya. Dan berjalan berdasarkan peraturan direksi Nomor 47/DIR I/2018 tentang petunjuk teknis Pegadaian Arrum Mikro. Produk pembiayaan Arrum BPKB dapat mengembangkan usaha Nasabah Pegadaian Syariah Cabang Jelutung Kota. dari data 30 nasabah Pembiayaan Arrum BPKB PT. Pegadaian Syariah Cabang Jelutung Kota Jambi terdapat 52% nasabah yang mengalami pengembangan Usaha karena pendapatan yang didapat digunakan untuk mengembangkan usaha  dan  48%  nasabah yang tidak mengalami peningkatan pendapatan, karena pendapatan yang didapat untuk memenuhi kebutuhan konsumtif serta adanya penurunan pendapatan akibat pandemi covid-19.

 

References

Al-Qur’an

Agama RI, Departemen. Al-Qur’an dan terjemahannya: Juz 1-30, Semarang:PT Karya Toha Putra, 1995.

Buku

Ade Arthesa, Edia Handiman , Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank (Jakarta Barat: PT Macana Jaya Cemarang, 2009)

Andri Soemitra, Bank Lembaga dan Keuangan Syariah (Depok: Satu Cahayapro, 2017)

Anton Yudi Setianto, et. Al. Panduan Pelengkap Mengurus Perijinan Dan Dokumen (Jakarta: Forum Sahabat, 2008)

Al-Mundziri, Ringkasan Sahih Muslim, (Bandung: Jabal, 2013, No. 970, Cet.2)

Brosur Pegadaian ARRUM BPKB. Tahun 2020.

Buku Pedoman Penulisan Skripsi FEBI UIN STS JAMBI 2022

Ikatan Bankir Indonesia, Kredit Sehat, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2015)

Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. (Kuantitatif dan Kualitatif). (Jakarta, Gaung Persada, 2010)

Mukhtaazar, Prosedur Penelitian Pendidikan (Yogyakarta : Absolute Media)

Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainya, (Jakarta: Rajawali Pers, 2013)

Rakap Omset, (UP & BJ) Periode 01/01/2018 s/d 31/12/2018 Kanwil Palembang – CPS Jelutung.

Said Insya Mustafa, Reformasi Lembaga Keuangan Mikro Menuju Pola Syariah, (Malang: Empatdua, 2018)

Sayuti Una, Pedoman Penulisan Skripsi (Edisi Revisi), Jambi: Syariah Press, 2012.

Sunaryo, Hukum Lembaga Pembiayaan, (Jakarta: Sinar Grafika, 2009).

Sri Nurhayati-Wasilah, Akuntansi Syariah Di Indonesia (Jakarta: Salemba Empat,2013)

Tulus Tambunan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah Diindonesia (Jakarta: LP3ES, 2012)

Wahyu Aji Wibowo, Ketentuan Hukum Gadai dan Akadnya, (Universitas Djuanda Bogor, 2019)

Jurnal Skripsi

Abdullah bin Abdurrahman, Tafsir Ibnu Katsir, (Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i, 2012, Cet. 5, Vol.1

Ellia Trianti Dkk, Analisis Sistem Pembiayaan ARRUM (Ar- Rahn Usaha Mikro dan Kecil) pada PT Pegadaian Cabang Syariah Simpang patal Kota Palembang, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Akuntansi, Vol. 7. No 2, (Juli 2003).

Fina Safinatul Umma, Analisis Produk Pembiayaan ARRUM BPKB Dalam Meningkatkan Usaha Micro Nasabah Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidwarjo, (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Sunan Sunan Ampel Surabaya, 2018).

Multifiandi, Peran Pembiayaan ARRUM bagi UMKM Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Simpang Patal Palembang, Jurnal I-finance, Vol.1. No. 1, (Juli 2015).

Mutmainnah, Analisis Pembiayaan ARRUM PT Pegadaian Syariah Terhadap Pengembangan Usaha Micro Kecil, (Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar, 2012).

M. Ikhwan Saputra, Analisis Pembiayaan Pada Produk Arrum Haji Di Pegadaian Syariah Kantor Cabang Banda Aceh, (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh , 2018).

Najemia, Implementasi Peraturan Walikota Jambi Nomor 29 Tahun 2016 Tentang Penertiban Gelandangan Dan Penegemis, (Fakultas Syariah UIN Sts Jambi, 2019.

Ratu Desta, Analisis Pembiayaan ARRUM BPKB Dalam Meningkatkan Pendapatan Nasabah Pegadaian Syariah Menurut Persfektif Ekonomi Islam (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Uin Raden Intan Lampung, 2018).

Website

Dewan Syariah Nasional MUI, “Fatwa DSN NO: 68/DSN-MUI/III/2008” (On-Line).Di :Https://Tafsirq.Com/Fatwa/Dsn-Mui/Rahn-Tasjily (27 Februari 2018).

Diakses dari http://.widipedia.org/wiki/pegadaian-(perusahaan) pada tanggal, 02 agustus 2016.

Pegadaian Syariah, “Pegadaian Arrum BPKB” (Online), Tersedia Di :Http://Www.Sahabatpegadaian.Com.(26 Februari 2018).

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Sarita Isniarti, Arsa Arsa, & Anzu Elvia Zahara. (2022). ANALISIS PEMBIAYAAN ARRUM BUKU PEMILIK KENDARAAN BERMOTOR (BPKB) PEGADAIAN SYARIAH TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL (Pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Jelutung Kota Jambi). Akuntansi, 1(4), 15–27. https://doi.org/10.55606/jurnalrisetilmuakuntansi.v1i4.108

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.