Tafsir Sastra

Pengantar Ilmu Hermeneutika

Authors

  • Heri Isnaini

Keywords:

tafsir, sastra

Abstract

Buku ini adalah pengantar untuk memahami hermenutika sebagai ilmu penafsiran teks. Hermenutika yang dibahas pada buku ini mengacu pada pembelajaran penafsiran teks-teks sastra. Hermeneutika sendiri menjadi bagian penting dalam kehidupan tafsir teks dewasa ini.

Hermeneutika digunakan sebagai cara menafsirkan teks melalui tanda-tanda yang muncul. Hermeneutika secara etimologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata hermeneuin yang berarti ‘menafsirkan’. Kata ini berhubungan dengan kata benda hermeneia yang berarti ‘penafsiran’ atau ‘interpretasi’. Kedua kata ini berkaitan dengan nama dewa pada mitologi Yunani, yaitu Hermes. Dewa ini bertugas menyampaikan pesan Dewa Jupiter kepada manusia. Ia menerjemahkan pesan-pesan dari dewa di Gunung Olympus ke dalam bahasa yang dapat dipahami oleh manusia. Oleh sebab itu, hermeneutika pada akhirnya diartikan sebagai proses mengubah sesuatu atau situasi ketidaktahuan menjadi situasi yang dapat dimengerti.

Dalam tradisi Yunani kuno, kata hermeneuin dan kata hermeneia dipakai dalam tiga makna yakni: mengatakan (to say); menjelaskan (to explain); dan menerjemahkan (to translate). Ketiganya dapat disinonimkan dengan kata to interprate atau menafsirkan. Dengan demikian, interpretasi menunjukkan tiga hal pokok, yakni pengucapan lisan, penjelasan masuk akal, dan terjemahan dari bahasa lain. Sementara itu, makna hermeneutika yakni: mengungkapkan pikiran seseorang dalam kata-kata; menerjemahkan; dan bertindak sebagai penafsir. Ketiga pengertian tersebut menunjukkan bahwa hermeneutika merupakan upaya mengubah sesuatu yang tidak dipahami (sesuatu yang relatif gelap) ke sesuatu yang dapat dipahami (sesuatu yang lebih terang)

Dengan demikian, kiranya buku pengantar singkat ini dapat menjadi kawan diskusi bagi pembaca yang budiman dan menjadi studi awal dalam pembahasan hermeneutika lebih dalam dan luas. Akhirnya, saya mengucapkan terima kasih kepada CV Pustaka Humaniora yang berkenan menerbitkan buku ini dan berbagai pihak yang mendukung terbitnya buku ini.

Published

2021-03-01

How to Cite

Heri Isnaini. (2021). Tafsir Sastra: Pengantar Ilmu Hermeneutika. Yayasan DPI, 1(1), 1–108. Retrieved from https://badanpenerbit.org/index.php/dpipress/article/view/8

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)